Dungkek, manasymut.sch.id- MA Nasy-atul Muta’allimin mengawali pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2025–2026 dengan apel pengarahan yang dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Imam Khalil, M.H., pada Sabtu, 29 November 2025. Apel yang berlangsung di halaman madrasah ini diikuti oleh seluruh siswa dari kelas X hingga XII.

Kegiatan apel dilaksanakan sebagai langkah awal untuk memastikan seluruh siswa memahami aturan, tata tertib, serta teknis pelaksanaan asesmen. Dalam amanatnya, Imam Khalil menjelaskan bahwa apel ini sengaja digelar untuk memberikan sosialisasi menyeluruh sebelum ujian dimulai. Ia menegaskan pentingnya kesiapan mental dan kedisiplinan siswa selama proses asesmen berlangsung.

Imam menuturkan bahwa pengarahan ini sangat diperlukan agar seluruh elemen pelaksanaan asesmen berjalan sesuai ketentuan. Ia menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya madrasah dalam membentuk budaya disiplin di kalangan siswa. “Apel kali ini dilaksanakan dalam rangka memberi pengarahan dan sosialisasi tata tertib Asesmen kepada siswa,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga menambahkan bahwa peningkatan kedisiplinan menjadi tujuan utama dari pelaksanaan apel pra-asesmen. “Kegiatan ini juga dalam rangka meningkatkan kedisiplinan siswa,” jelasnya.

Sebagai penutup amanat, Imam menyampaikan harapannya agar seluruh rangkaian asesmen berjalan lancar tanpa kendala apa pun. Ia menekankan bahwa pemahaman siswa terhadap aturan teknis sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan asesmen. “Saya berharap dengan dilaksanakannya apel sebelum asesmen, pelaksanaan dapat berjalan lancar, tidak ada kendala berarti, dan siswa sudah memahami semua aturan, khususnya aturan teknis terkait pelaksanaan Asesmen Sumatif,” ungkapnya.

Setelah apel selesai, siswa diarahkan memasuki kelas masing-masing untuk melakukan persiapan akhir menjelang pelaksanaan sesi pertama asesmen. Suasana tertib dan kondusif tampak mengiringi dimulainya rangkaian asesmen di MA Nasy-atul Muta’allimin, menandai keseriusan seluruh warga madrasah dalam menciptakan proses evaluasi yang efektif dan berintegritas.